Road to Dieng

ROAD TO DIENG

Juli 2008.

Acara minggu-minggu ini sibuk banget. Mutar kampung-kampung nyari jagung mentah. Buat dagangan. Maklum…. Pengen tour, tapi ongkosnya mepet. Dasar pengangguran. Tapi gak masalah. Yang penting halal. Itung-itung ngetes mental. Alasan dikit ah….


Juli 2008 pasar malam.

He..he.. Awalnya malu. Bayangin! Gak pernah dagang di pasar malem, ee..suruh dagang ama temen-temen.

Tapi lama kelamaan, asyik juga tuh. Disamping hasilnya yang lumayan, Ternyata yang beli banyak cewek cakepnya ( yang jual cowok ganteng sih. He..he..). Bisa sekalian kenal gitu.

Jagungnya laku. Tinggal sedikiiiiit.

Bisa buat ongkos nih..Ongkos buat nambelin kebutuhan “umat”.

1 Agustus 2008 malam sebelum pemberangkatan.

Nyari perbekelan ternyata susah. Dari nyari bebek sampai kompor. Udah harganya bebek mahal, suruh motong juga. Dasar anak kurang ajar. Cuma pengen makan doang. Suruh yang tua yang kerja. Cape deh….

2 Agustus 2008 Pukul 10.00

Akhirnya tiba juga waktu yang ditunggu. Pada sibuk banget. Kami anak-anak IRMAS ngatur perbekalan. Tenda, tikar, perapian, jajanan, macem-macem deh. Dan tak kalah pentingnya yaituuuuu…? “Ransel Hidup”. Yeeee…

Fffiiiiuuuuhhh…

BERANGGKAAAAAAT…..

2 Agustus 2008. Perjalanan.

Hhhhuuuhhh…. Dingin banget. Telapak tangan, gigi dan kaki ampe’ menggigil. Jadi kasihan ama cewek-cewek. Kuat ampe Dieng apa kagak ya? Yaa… semoga saja kuat. Ok!

2 Agustus 2008. Pabrik Teh Tambi.

Istirahat. Setelah beberapa jam berkendara, akhirnya capek juga. Makan, minum, bahkan jogging dilakuin. Penting tuh…tapi yang lebih penting.., sholat.

“ Jama’ khosor ya adik-adik!” Kata bapak ketua Syeh Kholidin.

“ Injih Mbah.” Jawab kami.

Sungguh terlalu. Masa’ dipanggil Mbah. Apa emang udah setua gitu? Tapi bener juga kok. He..he..LAAARRRIII…. Kholidin marah…

Bugar lagi. Walo sedikit capek, kami berangkat. Takut nanti kemalaman diperjalanan. Jarak ke Dieng masih Jauh khan…

2 Agustus 2008 Perjalanan ke Dieng.

Kabut. kabut. kabut.

Wwwwwwaaaaawwwww….

“Subhanallah”.

“ Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan langit dan bumi sedemikian indahnya”.

Jadi pengen ngerenung. Betapa kecilnya diri hamba ini Yaa..Allah.

Yaa..Allah, kami hanya seorang hamba.

Kami yang lemah, Engkau Yang Kuat.

Kami yang hina, Engkau Yang Mulia.

Kami yang miskin, Engkau Yang Kaya.

Kami yang berusaha, dan Engkau Yang Kuasa.

Yaa..Allah, kami hanya seorang hamba.

Yaa..Allah ampunilah dosa-dosa kami, rahmati kami, ridhoi kami, sayangi kami, cintai kami Yaa..Allah. Dan jadikan cintamu lebih kami cintai daripada air yang sejuk. Amien.

Fffffiiiiuuuhhh…

2 Agustus 2008 Dieng.

Horre…! Suasananya asyik banget. Udaranya sejuk, gak panas seperti di Gemuh. Pemandangannya juga ok. Candi, taman, kawah, pohon ditata dengan apik. Siiiip..deh.

“ Hayo-hayo. Siapa yang mau ngelempar tanggung jawab?” Ujar Syeh.

Itulah kita. Giliran mendirikan tenda, pada lari semua. Gak pernah jadi Penggalang sih.. Makanya gak bisa.

Berdiri juga deh. Tendanya. Tentunya dengan gotong-royong. Inga’-inga’! Bersatu kita teguh, bercerai kita ???? kita???? Ancurrrrr …. Bener khan….

2 Agustus 2008 Malam di Dieng.

Api unggun. Hangat, akrab, dan menyenangkan. Menu makan malam bebek panggang semakin asik ditambah secangkir kopi panas. Tawa, canda, cerita senang dan sedih silih-berganti kami utarakan. Bahkan da yang curhat lho….Duuh kacihan….

Pokoknya, malam itu merupakan malam yang terindah bagi kami berdua…????

Eh…salah! Bagi kami semua. He..he.. Maunya.

3 Agustus 2008 Tengah malam di Dieng.

Kasihan banget. Banyak yang terkena demam ketinggian. Mungkin karena hawa dingin, jatah oksigennya berkurang, ato mungkin..kurang persiapan kali..Dasar anak gak pernah muncak. Huu….

Tapi emang benek kok. Baru kali ini, kami yang juga pernah muncakpun, ngerasa kedinginan. Apa mungkin suhu udaranya dibawah 0 derajat Celcius?

Mungkin saja….!

Aaaa…. Daripada pingsan gak karuan di tenda, lebih baik tidur di Mushola.

Bener????

Bener sekali.

3 Agustus 2008 Menjelang subuh. Dieng.

Bener juga. Embunya berubah menjadi es bersamaan dengan turunnya kabut. Jadi males bangun. Tapi walo begitu, kami harus bangun. Sholat subuh dong…

3 Agustus 2008 Pagi di Dieng.


Jalan pagi sambil berolah raga asyiik..Jalan kaki menuju arah Kawah Sikidang, sambil cuci mata. Ngeliat memandanga alam sekitar Dieng.

Demi ngeliat kawah itu, kami rela berjalan berkilo meter. Meski jaraknya jauh banget.

Biar tahu rasa anak yang jarang olahraga…. Biar ngerasa capek. Aduuuuhhh…panti pijat mana yaa…..

Setimpal dengan usahanya. Kawah Sikidang emang baguuuuussss… Rasa cape berangkat jalan kaki jadi terobati deh… Pulangnya??? Belat laa…

3 Agustus 2008 Pukul 09.00 Perjalanan pulang.

Good bye Dieng. Dengan sisa tenaga yang kami punyai, kami pulang. Back to home. Meski begitu, kami masih sempet mampir ke temen-temen di Wonosobo. Silaturahmi…sekalian tambah sedulur gitu….

Pulang..pulang..

Hhh..hhh….

Dehidrasi….

Gak konsen…!

Pada nyasar.

3 Agustus 2008 Pukul 10.00 malem. Gemuh.

Gemuh. Ma’ee..Pa’ee..akuu pulaang..! Tapi sebelum pulang, kami serahin dulu adik-adik cewek yang ca’em pada ortunya. He..he..

Hayo.. Ortu apa calon..??

Calon mertua pa calon pembantu??

Wekeke….

Maunya sih…? Calon????

Tidak…Stop ah.. Kita yang ngajak, yaa harus bertanggungjawab.

Berani jawab, yaa harus berani nanggung.

Berani nanggung, yaa harus berani jawab.

Bingung ra!!!

Daripada bingung, lebih baik rehat dulu ah…. Capek.

Alhamdulillah….

Salam..

Semoga Allah mempertemukan kita dilain waktu, tempat dan kesempatan.

Amien yaa Robbal’alamin

By: Irmas 2008

One thought on “Road to Dieng

  1. salut… buat temen2 yang udah berjuang menaklukan dieng… ehh maksudku beranu juga yah kalian kemah di dieng padahal kan dingin banget aq aja yang asli dieng tulen udah kedinginan pa lagi kalian….. oia kapan2 kalo ke dieng lagi mampir yahhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s