SMA DAN STM SAMA SAJA

SMA DAN STM SAMA SAJA

Kemajuan Indonesia ditentukkan oleh keputusan para pemuda dan pemudi saat ini. Jadi bagi mereka ya termasuk saya c.. harus memanfaatkan masa muda secara baik dan bertanggung jawab. Keputusan yang diambil akan menentukkan Indonesia di Masa depan. Jadi Saat mengambil keputusan sebaiknya di pikirkan terlebih dahulu.

Mungkin tanda tanya yang dialami tentang SMA dan STM/SMK adalah oleh siswa-siswa yang setelah lulus dari SMP. Mengapa?? Karena setelah mereka lulus dari SMP, mereka harus meneruskan sekolah kemana??? SMA atau SMT??. Itu yang membuat bingung mereka mau nglanjutin kemana setelah lulus. Padahal keduanya itu (SMA dan STM) sama-sama sekolah yang mengajarkan dan memberikan Ilmu kepada kita. Jika kita telusuri lebih lanjut antara SMA dengan STM. Kita dapatkan perbedaan sistem pengajaran dan tujuannya. Baiklah kita telusuri dulu dari STM.

STM (Sekolah Teknik Menengah) /SMK (Sekolah Menengah Kejurusan) he…Klo gak salah cie…. Baiklah mari kita telusuri lebih lanjut. STM adalah sekolah yang memfokuskan untuk kerja. Maksudnya disekolah itu di ajarkan berbagai bidang teknik antara lain : Otomotif (bongkar pasang motor, mobil, dan mesin-mesinnya), Arsitekstur (Ya kayak bangun membangun gedung, rumah, hotel), TI (mengenai Komputer dan seisinya), Pendingin (tentang yang dingin-dingin seperti kulkas, AC), Listrik (kayak PLN), dan masih banyak lagi bidang-bidang yang di berikan oleh sekolah yang intinya untuk sarana prasarana yang menuju ke dunia kerja. Penentuan Jurusannya dilakukan saat pertama kali masuk di STM. Dan kebanyakan dari sekolah STM laki-laki semua…..(waduh!!)

Di sekolah biasanya ada bengkel, bagi yang otomotif. Kalo yang sudah Kelas 3 ada Magang (kalo bahasa jawanya) mencari tempat untuk menampilkan kratifitasnya. Kegiatan itu selama + 3 bulan. Tapi kalo pelajaran yang lainnya masih seperti pelajaran di SMP cuman ada jurusannya. Penjabaran di atas menurut pendapat saya.

SMA(Sekolah Menengah Atas) adalah sekolah yang mengajarkan pelajaran yang biasa, tidak mengarah ke dunia kerja. SMA menurut saya untuk dunia pendidikan yang setelah lulus dari SMA harus meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi seperti kuliah. Apabila tidak kuliah sangat sulit sekali untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari SMA, kecuali mempunyai kreatifitas sendiri yang dapat mengahasilkan uang. Pada umunya SMA sama dengan SMP dalam bidang pelajaranya. Tapi didalam proses pembelajaranya SMA lebih details sekali dari pada SMP. Di SMA mayoritas siswa-siswanya campuran (Heterogen) Perempuan dan Laki-laki. (Wah Asyik dong).

Di SMA setelah mencapai kelas 2 (XI) harus memilih jurusan yang di minati atau yang pantas untuk meneruskan belajarnya seperti IPA/Sains (mempelajari tentang seluk beluk Alam, Manusia, bahkan sampai hal yang kecil seperti bakteri, dll.), IPS (mempelajari tentang Akutansi, Sejarah dan Ekonomi). Kalo gak salah sieh..coz aku anak IPA. Dan ada jurusan Bahasa (mempelajari tentang Bahasa Indonesia, Inggris, dll.)

SMA dan STM sekolah yang saling komplek sekali menurut saya, karena kedua-duanya apabila sudah menuju kedunia kerja semuanya saling berhubungan… yang STM dengan ilmu praktek kerjanya dapat membantu pelajar SMA bila ada masalah. Contohnya Orang SMA sedang naik Motor trus ban motornya bocor mungkin akan minta bantuan kepada orang STM.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Terima kasih telah mengunjungi Blognya Accan.

38 thoughts on “SMA DAN STM SAMA SAJA

  1. sma-stm-smk, emang padha.. kabeh-kabeh kudu mbayar SPP. Silakan pilih, sing penting sekolah untuk masa depan, terserah SMA, STM lan liyane.
    oya, fotone lagi mangan pisang karo wit-wite apa??
    he..he..he..

    salam kenal
    cah banyumas-ambon

    Salam KEnal jujga…dari KEndal 😛

  2. Dulu aku milih masuk SMK karena anjuran ayahku, katany a kalau SMK lebih cepat dapat kerjaan, tapi ternata itu juga tergantung dengan usaha kita dan takdir kehendak yang kuasa, jadi SMA atau SMK sama aja, yang penting pilih sekolah yang banyak ceweknya… kwakakakakaakkk

    Btw… Link nya acca sudah di axx di blogroll atas nama Accan, jikalau berkenan di linkback ya can…🙂

    thank for all ya…

  3. aQ rasa sich sama aj, tergantung bgaiaman memotivasi untuk bljr sungguh2 dan mengejar cita2 dgn baik. Ilmu itu tempatnya g terbatas hanya di suatu tempat dan di suatu waktu, di mana pun g masalah..tul g? Semangat!

  4. salam kenal friend…

    “sma atau stm atapun slb sama aja ya friend.. yang penting niat kita sama-sama belajar”..😀

    akue dukung itu …… 😛

  5. tergantung orangnya…bila dia lebih memilih kreatifitas artinya akan membuka wiraswasta sendiri STM adalah pilihan tepat, tapi bila mengejar bangku kulian SMA/SMEA pilihannya

    kenapa SMEA saya samakan dengan SMA, karena susah juga tamatan SMEA buat langsung kerja apalagi sekarang persyaratannya adalah minimal D3 atau S1

    wah… mendingan ngebLog aja we…. 😛
    klo punya keratifitas lain pasti Bisa… !!!!!!! 😀

  6. sebenarnya yang utama saat ini (menurut saya lho), yang perlu diperbaiki adalah sistem pendidiikannya, mulai dari UU kurikulum, kerjasama dengan para praktisi dan perusahaan.
    misalnya, setelah bertahun2, sistem pendidikan Ina baru ditampung 20 % dari anggaran negara, itu juga setelah didemo dan dikritik berbaqgai pihak…Bapak2 yang diatas, semoga bisa bertindak lebih bijak lagi. Kami kaum muda siap membantu dan berkolaborasi memajukan pendidikan Ina….amin!

    wah akue dukung itu…. 😛

  7. gw sih lebih prefer sma cuyy
    mslahnya kalo siswa stm mw masuk kuliahan aga susah hue hue (tapi ad juga yang msk kuliahan)
    tapi siswa stm bisa lebih cpt nyari kerja ^^, secara udah ad modal dr mata pelajarannya hue hue

    Peace and Love
    Red Dog

    ya….. komentarnya aku terima red dog….
    Peace n Love balik yuahwww…. 😛

  8. sama aja ko STM sm SMU/SMA… sama2 bayar juga hehehe…

    semuanya bayar kak…Kecing aja bayar hehehe wkwk …😛
    yang gratisan itu makan gorengan ambil lombok…lah lomboknya itu yang gratis… 😛

  9. wah,,,info bagus nie,,,,

    Iya dong penting banget buat Anak SMP g2…. hehe 😛

  10. Mmh…yang penting..gimana setelah semua sekolah dijalanin, kita segera dapat pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu kita.
    hehe…
    Salam kenal…

    harus seMAngat dongs.. 😛

  11. salam blogger juga? eh sma cepiring dmana sih?? ikut lomba blog sma ndak? klik :www.dikti.org

    Cepiring Kab. Kendal. Prov. Jateng 😛

  12. smu dan stm beda donk…
    smu seger.. banyak cewek2 centil nya..
    smk gersang…… panas……

    Ko panas gersang lagie?? kenapa ya… ?? 😛

  13. Salam kenal dan kunjungan balik mas Acan..:-)

    Yupp…memang,Sekolah itu sama saja,baik SMA maupun STM.Yang penting…pendidikan harus diraih setinggi mungkin.

    Oh ya..,linknya udah saya blogroll;-)

    Salam hangat dan persahabatan selalu:-)

    Thank ya for LinkNya… 😛

  14. 🙂 pilih SMA coz, seperti ulasan di atas.
    tidak pilih SMK coz, udah pilih SMA🙂

    Akue JUga Pilih SMA… dah jatuh cinta Ma SMA c… wkwkw 😛

  15. Wah can..kta sama-sama dari ipa, tp kuliah ku nyasar ke jurusan ips, wkekeke,

    Hmm..kalo mnurutku si tergantung tingkat ekonomi si anak sndiri, kbanyakan tmenku yg keluarganya mengalami kesulitan ekonomi, 80% dr smwa tmenku Lebi mili Stm..karena apa? Karena mereka berpikir untuk langsung kerja habis Lulus sMa. Dan tragisnya, 20% tmenku yg milih Sma meskipun keadaan ekonomi keluarganya pas-pasan, mreka putus sekolah karena tidak kuat melanjudkan ke tingkat yang lebih tinggi (kuliah). Dan sekarang mreka lagi menganggur, kesulitan mencari kerja.
    Itu pngalamanku chan..he5, juZz Sharink aja..^^v..hi5

    Wah pengen jadi profesor …. wkwkwkwk… 😛

  16. Sama aja sih, tergantung minat dan bakat kita. Yang penting semangat.. !!😛

    Semangat Juja ya… 😀

  17. kalo buat belajar mah emang sama aja…tapi cuma STM kebanyakan cowok semua….hehehe, salam kenal…

    yang penting kan beneran belajar…

    Iyalah kan STM g2 🙂

  18. memang untuk masuk dunia kerja harus punya keterampilan yang spesifik.
    kalo udah terlanjur masuk SMU dan ga ada biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi lebih baik ngambil kursus yang menunjang untuk mendapat pekerjaan. gitu ya…

    STM langsung ke dunia Kerja… 😛

  19. SMA->banyak ce->dapat pacar
    STM->banyak co->gampang nambal ban

    pilih mana yah ….

    Pilih lah yang tepat g2…. 😛

  20. nice blog. aku nyasar kesini nih.
    mari berteman ^^

    btw, main2 ke blog happy ya. n jangan lupa komen. makasi.

    thank ya dah berkunjung…,, akuw bingung caranya koment di blog kamu…. 😛

  21. hmm.. menurut gue sih ga sama..
    kenapa?
    coz, kalo SMA itu lebih general, sementara STM/SMK lebih spesifik..

    dalam artian, anak2 SMK/STM pastinya lebih siap buat langsung kerja setelah sekolah, tanpa harus kuliah dulu,, sementara SMA harus kuliah dulu😉

    ini gue alamin sendiri koq

    ya wah kamu sekolah 2 2nya ya??? 😕

  22. SMA dan STM sama aja. Berhasil atau tidaknya bukan ditentukan dari dimana kita bersekolah tp dr semangat, bakat, minat dan perjuangan keras kita dalam menuntut ilmu

    Betul sekalie…semangat…..!!!!!!!

  23. hehee….tapi yang beda anak-anak di STM Sama Di SMA Beda Lohh

    ya AnaG2 yang beda….. 😛 STM (cowok) SMA (campuran)

  24. Semua itu tergantung sama orangnya. Selain otak, sebaiknya ada 1 pekerjaan manual yang harus dilakukan dengan senang hati. Semua itu siapa tahu….

    Aku : cewek ulusan SMA, melanjutkan ke Sekolah tinggi TK, tapi hobi ngobrol, dolan dan nukang. Ternyata aku malah banyak mendapatkan income dan teman dari hobiku.

    Lalu apa gunanya sekolah? Yah untuk mengasah otak dong!

    yang penting kita dapat ijazah aja poew???? 😕 buat cari lowongan kerja???

  25. so, apapun pilihan kita. yang terpenting dari semua yang penting adalah kita mampu mempertanggugjawabkan apa yang telah kita pilih.
    lakukan yang terbaik terhadap apa yang telah kita pilih. kemudian perhatikan apa yang terjadi. (ikut gayanya mario teguh) he..he..
    salam kenal, terima kasih atas silaturahminya.

    Ya SElain hak kita juga harus mempertanggung jawabkan apa yang sudah menjadipilihan kita… 😛
    Thank b4

  26. Apapun pilihannya yang penting dibarengi niat yang sungguh2 dan bertanggungjawab…

    yups benar sekaliee… 😛

  27. STM = Sekolah Teknologi Menengah kang…

    ya maaf Namanya Juga accan Nag SMA… 😛

  28. sebelum nentuin ada perlunya sholat istikharoh biar gak salah jalan, gimana dek?

    Aku dah masuk SMA ko… nie saran Buat yang lulus dari SMP nie….Thank ya… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s