Lomba Mapel Komputer (Hicks…hicks…)

Lomba Mapel Komputer (Hicks…hicks…)

Posting ini saya mau mulai dari mana ya…? Ya dah langsung saja ya. Jumat, Tanggal 13 Februari 2009 pada malam hari, Saya dan Dedy  sedang asyik main Internet di Atlas.net. Padahal Besok Sabtunya Kami harus Ikut Lomba Mata Pelajaran Komputer di tingkat Kabupaten Kendal. Mungkin juga kami tidak belajar seperti ke dua temanku yang lainnya.

14 Februari 2009 lomba Mapel khusus Komputer ada 4 Anak, yaitu Aku, Dedy Modot, Rozi dan Atik. Pulang dari main Internet ya sekitar jam 10.00 malam. Padahal Warnet Atlas.net itu ada di depan rumahku wkwkwk…..(wah sama Juga gak main dong, hehe…..).  saya tidak belajar hanya menyiapkan bekalyang akan di bawa besok, antara lain papan lembar untuk alas menjawab soalnya, bolpoin, coz lembar jawabanya gak LJK (Lembar Jawab komputer), alias manual. Sambil menyelam minum air (tenggelam kali), saya juga sempat berkirim sms kepada teman2 n sanak saudara untuk minta doa semoga besok lombanya bisa sukses. Tidur jam 11.00 dan bangun pagi jam 04.00 pagi. Belajar sebentar buat mengingat-ingat materinay dan jam 5 tepat, ya biasa nelpon ceweknya dulu dong….wkwkwk….buat ngasih suport aku.

Selesai nelpon pukul 6 pagi. Langsung saja makan, mandi, berseragam OSIS, dan siap berangkat jam 06.45. sampai di sekolahan ya agak telat2 g2 c… temen2 dah pada nungguin aku wkwkwk… biasa kan aku selalu naik mobil pribadi (Angkot kalie). Teman-teman yang nungguin adalah perwakilan dari 6 mata pelajaran antara lain : Matematika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Astronomi, dan Komputer. Jumlah siswa dari SMA 1 Cepiring yang mengikuti lomba mapel sebanyak 27 siswa. Kami semua wakil dari SMA 1 Cepiring terlebih dahulu dikumpulkan di ruang rahasia (Lab. Fisika) buat menerima pelepasan dari Kepala Sekolah SMA 1 Cepiring Bapak Dwianto, S.Pd,M.Si. pukul 08.00 ceramah pelepasan pun selesai langsung saja kami (27 siswa) menuju ke tempat lomba di Pondok Modern Selamat – Kendal.

Disana kami langsung mendaftarkan diri untuk menerima nomor tempat duduk. Sangat beruntung sekali mapel komputer nomornya berurutan (daftarnya bareng masak gak urut c???) aku mendapatkan nomor 028. wah aku sangat senang sekali karena ada nomor favorit aku yaitu 8.

Pukul 08.30. Babak 1, di ambil 10 besar, dan yang masuk 10 besar bisa masuk ke babak ke 2. Panitia lomba membacakan aturan-aturan yang diperbolehkan dan tidak di dalam mengerjakan soal itu. Ada yang sebagian dari panitia itu membagikan soal dan lembar jawaban. Lembar soal sebanyak 60 nomor untuk peljaran Komputer. Panitia datang ke kursi saya dan menyerahkan lembar soal dan jawaban, dya aku senyum saja wah dia juga membalasnya. Setelah menerima itu, aku sempat berpikir sebentar. Tadi malam aku gak belajar, tapi dalam diriku sudah berkata aku bisa masuk 10 besar. Setelah aku buka lembar soal dan jawaban, ternyata lembar jawabanya tidak valid alias cacat. Karena lembar jawabanya pilihan ganda dari A – D, padahal di soal dari A – E, trus nomor lembar soalnya masak dari 30 trus 41 – 69, dan setelah 69 itu nomor 60. Wah itu sudah merepotkan peserta lomba. Dari panitia di suruh menambah huruf “E” di pilihan ganda dan mengganti nomor hingga urut. Wah repot-repot. Setelah mengisi semuanya Nama, Nomor peserta dan menjawab soal-soal komputer yang mengelukan (pusing g2) wkwkwk… selama 2 jam.

Keluar dari tempat mengerjakan soal, seperti keluar dari pertempuran dunia ke 3. wkwkwk pusing banget apa lagi perut ku laper.(pikiranya makan??). Istirahat 1 jam untuk istirahatlah… masak mengerjakan lagi …pusing nie aku…!!!! Sambil istirahat, menunggu pengumuman yang masuk 10 besaar. Aku isi waktu luang tersebut dengan dengerin MP4 yang kau bawa. Tidak lupa sholat Dhuhur juga dong,, berdoa berharap bisa masuk 10 besar.

Pengumumanpun diumumkan oleh panitia berupa selembar kertas yang di tempel di tembok-tembok…. Dengan harap cemas dan berdoa. Melihat dan membaca hasil tersebut aku senang sekali karena ada namaku di 10 besar itu tertera : Ahmad Hasan Basyari. Alhamdulillah aku masuk 10 besar dan siap meneruskan babak ke 2. selain itu Dedy juga masuk 10 besar. Jadi SMA 1 Cepiring mempunyai wakil komputer ada 2 aku dan Modot. Yang lain, Rozy dan Atik tidak masuk 10 besar terpaksa mereka pulang duluan…..tapi mereka suport aku dan dedy untuk berjuang sampai darah penghabisan…(emange Perang ya???). Mapel yang lainnya antara lain Fisika, Biologi, dan Kimia masuk 10 besar semua.😀

Bagi yang masuk 10 besar akan meneruskan ke babak 2, bagi yang tidak masuk 10 besar, ya dengan terpaksa harus pulang kampung……… 😦 . Yang masuk 10 besar diberi makanan siang oleh panitia lomba. Tepat pukul 02.00, dimulailah babak ke 2 yang berisi 5 soal uraian dan 1 praktek (khusus yang mapel komputer). Saya sempat berpikir masa’ lomba ada uraianya?? Bagaimana penilaiannya??? Bisa saja juri menambahkan nilai kepada SMA yang di ajar. Yah gak papa deh.. aku kerjakan 5 soal terlebih dahulu, karena itu soal uraian ya aku harus jawab dengan membayangkan kalo di depan ku ada komputer yang terhubung dengan jaringan. 30 menit beelalu aku dapat mengerjakan 5 soal itu. Aku paling terakhir lo ngumpulin jawabanya.. kalo yang lainnya sudah pada ke ruangan Komputer. Langsung saja aku kumpulkan jawabanya kepada panita, trus ke Lab. Komputer. Teman-teman yanglain dah pada selesai, padahal aku baru saja mau ngetik tulisanya, mereka dah pada jadie….wah gimana nie… Akhirnya aku putuskan buat tenangin pikiranku , berkonsentrasi, pasti aku bisa ngerjakan tugas praktek ini.

Komputer sudah hidup, aku buka micr. Excel, saat mau ngetik NO, tiba2 komputernya erorr 😦 , gak bisa di gerakin pointernya….. terpaksa aku lari ke tempat ruang panitia untuk minta ganti. Setelah bertemu panitia, saya minta untuk ganti komputer…. Ya…. Jawab dari panitia komputernya terbatas. Jadi aku kembali ke lab. Komputer. Akhirya aku putuskan untuk me restart komputernya. Alhamdulillah komputer bisa dipakai. Aku menyelesaikannya menghabiskan waktu 20 menit. Keluar dari Lab. Komputer, Dedy sudah menunggu saya. Aku dan Dedy sempat berbincang-bincang tentang soal praktek tadi. Kami istirahat bersama teman-teman yang lolos ke Babak 1 di Masjid Pondok Modern Selamat. Untuk mengurangi ketegangan setelah mengerjakan soal tadi, Pak Nurrudin, yang menjadi pengatur kami dari SMA 1 Cepiring mengajak untuk mencari makanan. Asyik tuch. Sekalian aku ambil HP buat nelpon Cewekku gitu buat refresh my mind. Hehehe…(Gak Boleh ikutan lo…).

Setelah kenyang makan, Pak Nurudin memutuskan untuk pulang saja dari pada nunggu pengumuman, apalagi dah jam 5 sore. Ya dah kami pulang ke rumah deh. Sampai dirumah jam 05.30. saya langsung mandi dan main internet deh. Malamnya aku mencoba sms kepada teman-teman yang masuk 10 besar, bagaimana hasil lombanya??.aku coba sms ke teman saya yang di SMAN1 Kendal. Ternyata

juara 1 dari Sukorejo,

juara 2 dari Boja, dan

Juara 3 juga dari Boja.😦

Ternyata nilai saya dengan Juara 3 adalah sama, jadi aku gak tau gimana sistem penilaiannya. padahal nilaiku dan nilai dari SMA Boja itu sama????😕 Dengan rasa lelah dan letih aku menerima kenyataan dengan gembira…… 😛

Aku berharap dan akan berusaha kalo ikut lomba lagi aku akan berusaha semaksimal mungkin dan memberikan yang terbaik buat diriku sendiri dan orang lain.

Thank’s to :
HeadMaster SMA 1 Cepiring,
Pak Yoshi, A. Tohirin.
Friend TI ( Dedy, Fahrurozi, Atik)

46 thoughts on “Lomba Mapel Komputer (Hicks…hicks…)

  1. wah, pasti menarik acara lombanya, mas accan. melalui lomba ini, para siswa akan terus tertantang utk menguasai dunia TIK.

    Ya Jelas, ini di ikuti oleh 400 siswa dari se kab. Kendal… 😀

  2. sekarang murid SMA udah hebat2 yah…
    sangat melek komputer..

    salut lah..
    gimana, kendal masih banjir?? hehe

    Zaman dulu gimana???? 😀 (tau Ah) hehe…..

  3. blogwalking nih. HEHEHEH. good posting.
    main2 ke blog gw juga ya..

    Ya InsyaAllahg main ke Blog kamu………. 😛
    thank for visit to my Blog…. 😀

  4. semangat !!!

    menang kalah hal yg biasa yg penting dapat pengalaman..

    ya nggak?

    Ya jelas dong dapat pengalaman… 😛
    senang, sedih, gembira,semuanya dapat pengalaman… 😀

  5. makannya blajar,,,

    hehehe,,,
    sok serius yahh tandud,,,,,

    Tapi hebat bisa wakilin skolah,,,

    Maen yahh k blog tandud,,,,,

    Thank ya atas pujiannya…..
    lain kali aku akan beljar … oKey.. 😕

  6. enak banget bozz bisa ikuta lomba semacam itu..??
    ciakakakakaka..
    aku juga pengen..
    gimana kabarnya nich..??

    Semuanya bisa, tinggal kita berniat untuk ikut Lomba itu….. 😀
    Alhamd. Kabar Accan Baik2 saja.. 😛

  7. hee…he…he….
    kalo boleh tau, soal lombanya tulisan tangan atao …. (sorry guyon)
    hacher harus pinter ngoprek meski pointernya gag jalan😆

    *sukses*

    Ya thank ya….. 😀 , lebih baik klo gak ada Komputer, CPU, n Layarnya lebih keren tuch…hehe…. 😛

  8. mungkin cuma kurang siap secara mental…tapi mental itu perlu didukung fisik. sepengalamanku, klo mo moment2 penting yang membutuhkan kesiapan mental malah harus istirahat cukup. tak perlu belajar begadang sampe mata merah sebelumnya. belajar yang serius itu jauh2 hari, pagi hari “just refressh about the lesson”……biar otak tidak tegang dan nyantai, nonton2 tv secukupnya, dll…jadi pas hari H, bisa all out😀

    oiya can, aku lum liat di blog mu ada tulisan yang bahasa asli asal daerahmu..padahal aku kdg pengen liat yang bener2 “natural”,,,,..he he he..thx.keep spirit

    aku koment meh nganggo boso jowo yo…
    matur suwun sampun ninggalaken komentar.. mugi-mugi komentar panjenengan saget nambah apik…. 😀

  9. Chemangadh……..
    ukey,,

    he,

    “ariee”

    Makasih Ya “Ariee” yang manis… 😛
    seneng banget nie “Arie” Cos da Bidadari yang Koment Di Blog Accan.. hehe… 😛

  10. ttp optimis n jgn mnyrah,,
    ttp chmgdh!

    Makasih ya atas Suport yang kamu berikan Kepada Ku…. thank For All…. 😀

  11. wah.. harus banyak belajar tuh!

    Iya Dongs… kan masih ada Lomba OSN … semangat… 😀

  12. Tetap semangat. Mungkin belum rejekinya sekarang. Pasti ada hikmahnya, biar bisa belajar lebih banyak lagi. Oke..!!

    Btw, pastinya tetep semangat dunk, kan udah disemangati Ariee hihi.. Kok aku tau aja ya? Heheheh..😛

  13. nah gini neh…semangat anak muda yang positif jaman sekarang. Hebat lu coi…!Lanjutkan langkah positif ini….

    Semangat…semangat ya……. 😀

  14. Saya yakin, dengan konsistensi, Anda bisa menjadi orang hebat di kemudian hari.

    Terima kasih telah berkunjung ke Sulang Online. Salam hangat

    Sholahuddin

    Terima Kasih atas Suportnya ya…… 😀

  15. hebatnya kendal karena ada pak sawali disana🙂 –sawali.info–

    iYA…. tapi gak ngajar dI Skul nya Accan KOk hehe… 😛

  16. sori baru bisa komen balik. aq bingung sama laptop q yg aneh ini….

    btw, salam kenal.

    plajaran komputer enak loh. aq seneng. hahahahaha
    mau tuker link ga?

    Dengan senang hati klo mau tukeran liNK…. 😀

  17. Ayo2 kasih bocoran soalnya…. dipost aja sekalian. Whehehehe

    Mana Bocorannya….. asyik tuch… 😀
    thank for ur visit

  18. Mantaf bro…
    sepertinya bakal ada pakar telematika dari kendal yang bakal medepak RS dimasa mendatang..
    hohoho…
    Terus belajar…. Jangan meyerah…🙂

    Ya Benar jangan menyerah dan tetap semangat !!! 😛
    Oiya RS tu apa ya???? 😕

  19. Selamat ya Mas Accan, sudah masuk 3 besar lomba mapel komputer. Wah photonya diganti, bikin saya pangling hehehe.

    Terimakasih ya ucapan selamat di Rumah Sadhana.

    Salam hangat
    Ben

    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com

    Ya Accan ingin ganti foto aja… biar gak Bosen …….,,jangan pangling lagi ya… 😛

  20. Siswa akan menjadi terangsang untuk belajar Informatika..
    Teruskan..!!

    Iya… insyaAllah Arie teruskan perjuangan Lombanya… 😛

  21. Wah, hanya beda dikit ya?
    Mungkin diundi…

    Coz 2 Babak…Babak 1 pilihan ganda..
    Babak 2 Uraian. lha dsini uraian bagaimana penilainnya??? n ada juga yang praktek ?? 😕

  22. wah keren yah bisa juara, syukuri aja deeeh😀 hahay

    salam kenall yaah

    SalamKanl Juga…. apanya yang Juara… 😦 gak juara x… hick…hick…

  23. selamat yach. hal hal seperti itu biasa terjadi dalam sebuah lomba. pasti panitia punya pertimbangan tersendiri dalam memutuskan hasil. tapi ngomong-ngomong kalo ada info lomba mapel untuk sd, tolong saya di email yaks. saya selalu cari tahu lomba mapel untuk anak saya. thx.

    Ya Pak InsyaALLAH saya Kasih tau ya Info lomba ntuk SD …. 😛

  24. biasa ajah can kalo kalah…yah namanya juga pertandingan…dulu saya tanding panco lalu kalah…yah…juga nangis he4x…engga ding boong…kalah itu untuk menjadi kita lebih membumi kalo nanti menang kok can…santai ajah…

    thank ya for support nya…. sip deh.. 😀

  25. aduuhhh…………….tolongin aq donk! aq deg-degan nih,, soalnya aq besok mau lomba olimpiade Tik.eh,doain aq ya ga’es mudah2n brhsil..kalah menang itu soal nantilh.yg pnting kita tetp brusaha smampu kita!ya..klo menang..alhmdulilah ku jdikan hrapan ms dpan and jika kalah tetp brsyukur ku jdikn pengalamnku….Doain aq yow Gaes……………..SEMOGA BERHASIL AMIN…………………………………….

  26. Siip banget bang, kerenzz😀

    Aku juga ikut lomba mapel komputer mewakili smancep tahun 2011, tapi gak tau menang po kalah, cause belum ada pengumuman. . .

Leave a Reply

