Membuat Deodorant

Membuat Deodorant

SMA N 1 Cepiring, tanggal 2 Februari 2010, kemarin. Kami, siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 2 di ajak oleh suatu lembaga akademik swasta dari wilayah Semarang, memberi pengarahan tentang cara membuat deodorant. Sudah tahu, apa itu deodorant dan fungsi deodorant?. Deodorant merupakan bahan kimia yang telah di reaksi dan kemas dalam suatu botol atau kemasan lain, yang berfungsi untuk mengurangi uap air atau keringat yang keluar yang menyebabkan mau badan tidak sedap. Biasanya banyak keluar keringat di daerah ketiak. Deodorant sering di pakai oleh kaum pria atau wanita pada umumnya. Biasanya di pakai oleh orang yang aktif, bekerja dengan menguras tenaga dan banyak mengeluarkan keringat.

Beberapa bahan kimia yang di butuhkan dapat dibeli di toko yang menjual bahan kimia. Harganya relatif terjangkau.

Berikut ini adalah bahan, alat, dan cara kerja membuat deodorant dengan cara yang sangat mudah.

Bahan :

  1. Sodium Stearat       : 5 gr
  2. Propilen Glikol        : 20 ml
  3. Alkohol                      : 75 ml
  4. Tawas                          : 1 gr
  5. Parfum                       : secukupnya
  6. Pewarna                    : secukupnya

Alat :

  1. Tabung reaksi (besar dan kecil)
  2. Pipet
  3. Pengaduk
  4. Mangkuk kecil
  5. Kompor reaksi
  6. Tempat cetakan

Cara Kerja :

1. Siapkan bahan dan alat yang di butuhkan.

2. Masukan Sodium stearat, tawas, propilen glikol, dan alkohol ke dalam tabung reaksi besar. Dan tambahkan air secukupnya.

3. Aduk menggunakan pengaduk hingga tercampur rata.

4. Panaskan pada suhu + 80 derajat celsius dan diaduk hingga larut. Tambahkan pewarna dan parfung (pewangi) secukupnya.

5. Masukan ke dalam botol (cetakan) tunggu sampai dingin (beku).

6. Keluarkan cetakan dari botol, dan inilah hasilnya.

Dengan penelitian di atas dapat kita simpulkan, membuat deodorant sangatlah memudah, dengan beberapa bahan dan alat yang mudah di dapat. Cara membuatnya juga mudah.

Selamat mencoba…😉

(Link Lomba) http://siblog.akprind.ac.id/

38 thoughts on “Membuat Deodorant

  1. hihiiiihhihihii, bisa dicoba nih😉

    PERTAMAX GAN!

    yuopz, anda pertaama,, hehee
    silakan di coba,, semoga berhasil. 😉

  2. wew gitu toh cara buatnya.. btw itu udah di jamin steril ga tuh deodorantnya?? hohoho.. klo di liat dari cara pembuatannya kayanya sederhana banget yah hihihi… *padahal klo di suruh buat sendiri ga bisa gw* :-p

    Steril lah, bang..
    buat nya juga mudah bang,,, 🙂

  3. . seepp
    . siap di pasar kan di seluruh indonesia dengan harga uang murah,,,
    ^_^

    hehe,,, wpiee,, siap deh,,, 🙂

  4. Bnr jg sich kt kk agung🙂
    Yaa gampang2 susah lah

    gampang lho,,, kemarin ajja sukses kita,,🙂

  5. asik deh, siap buka usaha deodoran deh ni. haha

    bener juga,,, 🙂 siapa yang mau jadi asisten,, hehe

  6. salam kembali..mksh da mampir… oya, pesen deodorannya yah..:)

    ya,, sama-sama. yah ada yang pesen,,
    udah habis bu,, lain kali aja ya,, 🙂

  7. bahan nomer 1 dan 2 masih terasa asing di telinga…. bisa dibeli secara bebas kah?

    untuk bahan no. 1 dan 2,, ada di pasaran,,
    saat kita praktek,, kita ambil dari lab. KImia, 🙂

  8. asyik tuh. Jadi bikin deodoran sendiri biar dompet ndak kedodoran gara2 harus beli deodoran terus😀

    Sukses terus dah buat Mas Accan😉

    Salam hangat dari Lereng Muria

    makasih udah berkunjung,, 🙂
    silakan di coba ya,,, bisa ngirit pengeluaran,, 🙂

  9. wah kebetulan nih, ketek gw suka bau bangke kalo keringetan. perlu dicoba tuh deodorannya…

    handsome2 BB??
    coba pake deodoran bro,, biar cewe2 pada deket ma kamu,, hehe

  10. Sudah dipraktekken sendiri dan berhasil nggak mas?🙄😆

    Lah,, di atas kan udah di praktek dan ada hasilnya kan?
    jadi udah siap di lelang (dicoba),, hehe… 🙂

  11. Apakah ini ada jaminan pasti jadi dan layak jual mas? Salam kenyal dari Singorojo ya mas. Blogke top abis. Iki mesthi bimbingane pak Chechep ya mas?😆

    InsyaAllah layak jual,, salam kenal juga.. 🙂
    makasih buat kedatangannya,
    ehmm,,, kenal Pak Yosh juga ea,,

    ini belaajar sendiri Pak,, (otodidak)… hehe

  12. waduw keren, wah rexona gitu juga gak yaw heheh

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

    whewww,,, iya kali,, hehe gak tahu aku,,,
    tapi kalau di lihat dari wujudnya,, iya juga.. hhee

  13. uwhh,,
    bersertifikatt gag tuh….

    belum ,, kan ini hanya latihan dasar buat anak remaja,, seperti aku n temen2,,
    tapi buat para pemuda-pemudi juga bole,,, 🙂

  14. hehhehe udah pernah buat jaman kuliah dulu bro
    salam kenal

    wah kuliah ya,, kan udah lama,, ini baru kemarin,, masih hangat,, hehe.. 🙂

  15. Tks, kalau banyak yang coba pasti terjadi penghematan, bagaimana kualitas yang tidak membuat kulit rusak, dan tahan lama

  16. Hati-hati lho…
    Tawas itu adalah aluminium sulfat. Sudah baca dampak negatif dari penggunaan Alumunium dalam deodorant? Coba searching di google. Juga sudah baca dampak negatif dari propylene glycol? Silakan google. Jadi gak cuma asal hemat, tapi bagaimana kita bisa membuat deodorant yg aman bagi kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s